Tahapan Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik


Supervisi akademik dilakukan untuk membantu guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran yang dilakukannya. Hal ini yang menyebabkan kenapa kepala sekolah atau kepala satuan pendidikan harus melakukan supervisi akademik terhadap guru yang mengajar di kelas.

Ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan supervisi akademik yakni diantaranya adalah :

PERTAMA TAHAP PERENCANAAN
Pada tahap ini kepala satuan pendidikan melaksanakan penjadwalan pelaksanaan supervisi akademik kepada guru dan juga menyiapkan instrumen pelaksanaan supervisi akademik.

KEDUA TAHAP PELAKSANAAN
Dalam tahap ini kepala satuan pendidikan melaksanakan pemeriksaan pada perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru, mengadakan observasi langsung ke dalam kelas, serta memberikan umpan balik terhadap pelaksanaan pembelajaran dan rancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru.

KETIGA TAHAP MENINDAKLANJUTI
Dalam tahap ini kepala satuan pendidikan melaksanakan pengolahan informasi yang berasal dari pelaksanaan supervisi dan observasi di kelas serta pemeriksaan rancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru.
Dalam tahap ini juga dilakukan diskusi dengan guru yang telah di supervisi akademik guna menggali apa saja tantangan dan hambatan yang dialami selama proses pembelajaran. Serta menyusun jadwal pendampingan untuk tindak lanjut pelaksanaan pembelajaran selanjutnya.

Diskusi