Coaching dan Supervisi Akademik

Coacing didefinisikan sebagai sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri dan pertumbuhan pribadi dari coachee.

Supervisi akademik merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk memberikan dampak secara langsung pada guru dan pembelajaran mereka di kelas. Supervisi akademik bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru yakni pemberdayaan dan pengembangan kompetensi diri dalam rangka peningkatan performa mengajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang berpihak pada anak.

---

Coaching dalam supervisi merupakan suatu usaha untuk membina guru agar selalu meningkatkan kinerjanya disekolah sehingga coaching harus dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan di sekolah. Melalui coaching dalam supervisi dapat membantu para guru terbiasa mengevaluasi diri dan merefleksikan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas sehingga dapat menemukan solusi dari masalah yang ada dan dapat memperbaiki pembelajaran agar menjadi lebih baik lagi dan berkualitas. - aminnudin

Diskusi