Pelajaran 2 Materi Iman Kepada Hari Akhir, Kelas 6 Sekolah Dasar

Materi beriman kepada hari akhir


A. Pengertian hari akhir

Dalam berbagai surah dalam Alquran Allah subhanahu wa ta'ala menjelaskan bahwa hari akhir pasti akan terjadi. Umat Islam diwajibkan percaya dan beriman kepada terjadinya hari akhir. Umat Islam diwajibkan mempersiapkan diri dengan amal saleh dan ibadah agar mendapat nikmat surga dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Dalam pemahaman umum hari akhir atau yaumul akhir sering disebut dengan istilah hari kiamat. Kiamat dibagi menjadi dua yaitu kiamat sugra atau kiamat kecil dan kiamat kubra atau kiamat besar

Kiamat sugro artinya peristiwa hancurnya sebagian alam dan makhluk hidup. Contohnya kiamat sugra adalah orang meninggal dunia, bencana alam seperti gempa bumi tsunami, dan gunung meletus.

Kiamat kubra artinya peristiwa hancurnya seluruh alam semesta beserta seluruh makhluk yang ada di dalamnya. Kiamat kubra menandai berakhirnya kehidupan di dunia ini. Kehidupan manusia kemudian akan berlanjut di alam akhirat.

Pengertian kiamat kubra itulah yang lebih dekat dengan pengertiannya dengan pengertian hari akhir. jadi, dapat disimpulkan bahwa hari akhir adalah hari berakhirnya kehidupan di dunia yang sekaligus menjadi hari pertama dalam kehidupan yang kedua atau alam akhirat

Beriman pada hari akhir

Hari akhir atau kiamat pasti terjadi, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam surah Muhammad ayat 18 sebagai berikut :
فهل ينظرون الا الساعه ان تاتيهم بغته، فقد جاء اشراطها، فانا لهم اذا جاءتهم ذكرهم

Artinya:
Maka apalagi yang mereka tunggu-tunggu selain hari kiamat, yang akan datang kepada mereka secara tiba-tiba, karena tanda-tandanya sungguh telah datang maka apa gunanya bagi mereka kesadaran mereka itu, apabila hari kiamat itu sudah datang.

Ayat di atas menjelaskan bahwa hari akhir atau hari kiamat kubra pasti terjadi bahkan Allah telah memperlihatkan tanda-tanda kedatangannya. Akan tetapi banyak manusia yang tidak percaya dengan kedatangan kiamat kubra ini. Mereka juga tidak merasa melihat tanda-tanda datangnya hari kiamat kubro, mereka baru akan sadar pada kiamat benar-benar terjadi dan saat itu semua sudah terlambat.

Jika kita menghayati ayat di atas maka jelaslah bahwa beriman kepada hari akhir itu hukumnya adalah wajib bagi umat Islam. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga menyebutkan beriman kepada hari akhir sebagai rukun iman yang kelima. Hal itu tertuang dalam hadis yang artinya : engkau beriman kepada Allah, para malaikatnya, kitab-kitabnya, para rasulnya, pada hari akhir, dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk. 
hadits riwayat Bukhari dan Muslim

2. Dalil Alquran tentang datangnya hari akhir.

Hari akhir atau hari kiamat pasti akan datang titik umat Islam wajib mempercayainya. Kejadian hari akhir itu digambarkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dalam Alquran surah al-qariah ayat 1 sampai 5 sebagai berikut : 
بسم الله الرحمن الرحيم
القارئه
ما القارئه
وما ادراك ما القارئه
يوما يكون الناس كالفراش المبسوس
وتكون الجبال كالاهن المنفوش

Dalam surah al-qariah ayat 1 sampai 5 menggambarkan apa yang terjadi pada saat hari kiamat. Dalam surah ini sebanyak dua kali Allah subhanahu wa ta'ala bertanya kepada umatnya tentang hari kiamat. Namun, dua pertanyaan itu hanyalah retorika atau pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban, karena manusia tidak akan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Dalam ayat 4 dan 5 Allah menggambarkan apa yang akan terjadi pada hari kiamat , ya itu manusia seperti anai-anai beterbangan dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

Manusia seperti aneh-aneh beterbangan maksudnya manusia pada hari kiamat bertebaran di mana-mana mereka bingung dan tidak tahu kemana akan dituju dan apa yang akan dikerjakan.

Gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan maksudnya adalah bahwa gunung-gunung hancur berterbangan seperti bulu yang halus. Jika gunung saja berhamburan seperti bulu bagaimana pula keadaan manusia pada saat kiamat itu terjadi. 



B. Nama-nama hari akhir

1. Yaumul zalzalah yaitu hari ketika terjadi guncangan yang maha dahsyat pada bumi

2. Yaumul ba'ats ya itu hari setiap makhluk dibangkitkan dari kuburnya

3. Yaumul Mahsyar yaitu hari setelah makhluk dibangkitkan dari kuburnya kemudian mereka dikumpulkan dalam suatu lapangan yang sangat luas dan tidak berpohon lapangan itu bernama Mahsyar.

4. Yaumul fashl ya itu hari pemisahan keputusan yang benar dan yang salah pada hari itu Allah subhanahu wa ta'ala memberikan keputusan yang benar dan adil kepada hamba-hambanya.

5. Yaumul wa'id yaitu hari ketika Allah melaksanakan ancamannya berupa azab kepada setiap makhluk yang tidak melaksanakan perintahnya. 



C. Tanda-tanda hari akhir

Kapan terjadinya hari kiamat tidak ada seorangpun yang tahu kapan kiamat akan terjadi. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bahkan juga tidak mengetahui kapan kiamat akan terjadi.

Sebuah hadis meriwayatkan nabi shallallahu alaihi wasallam ditanya oleh malaikat jibril kapan kiamat terjadi? Rasulullah menjawab yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya. Hadis riwayat Bukhari dan Muslim

Walaupun hari akhir merupakan rahasia Allah subhanahu wa ta'ala dan terjadinya secara tiba-tiba tapi Allah subhanahu wa ta'ala memberikan tanda-tanda kedatangannya seperti yang dinyatakan dalam surah Muhammad ayat 18

Tanda-tanda datangnya hari akhir ada dua macam yaitu sebagai berikut :

1. Tanda-tanda kecil yang berarti kiamat sudah dekat
2. Tanda-tanda besar yang berarti hari akhir sudah dekat dan betul waktunya.

Tanda-tanda kecil diantaranya sebagai berikut: 
1. Ilmu agama sudah tidak dianggap penting
2. Minuman keras merajalela
3. Jumlah wanita lebih banyak dibandingkan laki-laki
4. Banyak terjadinya gempa bumi
5. Pembunuhan merajalela
6. Banyak manusia yang menginginkan mati


Tanda-tanda besar diantaranya adalah sebagai berikut: 
1. Matahari terbit dari barat
2. Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara
3. Adanya bangsa yakjuj dan makjuj atau bangsa pembuat kerusakan di bumi
4. Lahirnya Dajjal atau tukang dusta yang mengaku dirinya sebagai Tuhan
5. Adanya imam Mahdi atau seorang juru selamat pada akhir zaman kelak
6. Rusaknya Ka'bah
7. Lenyapnya Alquran dari mushaf dan hati manusia
8. Seluruh manusia akan menjadi




D. Perilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir

Orang-orang yang beriman telah meyakini dengan sepenuh hatinya bahwa hari akhir pasti akan terjadi oleh karena itu orang-orang yang beriman senantiasa mempersiapkan diri dengan memperbanyak ibadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala

Salah satu contoh perilaku yang mencerminkan beriman kepada hari akhir adalah senantiasa selalu melaksanakan salat fardhu 5 waktu dengan berjamaah.

Salah satu contoh perilaku mencerminkan beriman kepada hari akhir adalah senantiasa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

salah satu contoh perilaku mencerminkan beriman kepada hari akhir adalah senantiasa mau bersedekah atau berbagi dengan orang-orang yang tidak mampu

Salah satu contoh perilaku mencerminkan beriman kepada hari akhir adalah senantiasa menyayangi makhluk Allah seperti memberi makan binatang peliharaan


Contoh di atas merupakan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir selain contoh di atas masih banyak lagi contoh yang menggambarkan perilaku beriman kepada hari akhir. 


-----++++++-----
Akhirat adalah alam setelah kehidupan di dunia atau alam baka

Kiamat adalah hari akhir zaman atau dunia seisinya rusak binasa dan lenyap hari kebangkitan sesudah mati orang yang telah meninggal dihidupkan kembali untuk diadili perbuatannya

Laron adalah anak-anak atau rayap yang bersayap


ORDER VIA CHAT

Produk : Pelajaran 2 Materi Iman Kepada Hari Akhir, Kelas 6 Sekolah Dasar

Harga :

https://www.abufariz.com/2022/08/pelajaran-2-materi-iman-kepada-hari.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi