Amalan Sunnah di Hari Idul Adha

Assalamualaikum
Tak terasa kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir di dalam kalender Islam atau kalender Hijriyah.
Di bulan Dzulhijjah umat Islam seluruh dunia juga merayakan hari raya Idul Adha.

Idul Adha atau disebut dengan hari raya qurban dirayakan oleh umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Di hari raya Idul Adha umat Islam kita semua disunahkan untuk melakukan beberapa amalan. Diantara amalan sunnah yaitu:

Pertama
Membaca takbir
Umat Islam disunahkan mengumandangkan takbir setelah salat Idul Adha hingga pada saat waktu ashar pada tanggal 13 Dzulhijjah atau biasa dikenal dengan hari akhir untuk tasyrik.


Kedua
Mandi sebelum salat Idul Adha
Umat Islam disunnahkan mandi sesudah subuh di hari raya Idul Adha agar badan dalam kondisi bersih dan segar sebelum berangkat menunaikan salat Idul Adha


Ketiga
Berjalan kaki menuju masjid atau tempat salat Idul Adha
Bagi orang yang tidak mampu atau sudah lanjut usia bisa menggunakan kendaraan untuk menuju ke tempat salat Idul Adha namun bagi kita yang masih kuat untuk berjalan ada baiknya berjalan kaki karena ini disunahkan

Keempat
Memakai wangi-wangian
Ramalan sunnah berikutnya adalah memakai wangi-wangian memotong rambut memotong kuku serta menghilangkan bau yang tidak sedap.

Kelima
Memakai pakaian yang paling baik atau terbaik
Kita disunahkan mengenakan pakaian yang terbaik, bersih sekaligus suci dianjurkan pada saat kita mengikuti salat Idul Adha.

Keenam
Makan setelah salat Idul Adha
Ketika hari raya Idul Adha kesunahannya adalah makan setelah selesai melaksanakan salat Idul Adha.


Demikian beberapa sunnah sunnah amalan yang dapat kita lakukan di hari raya Idul Adha semoga di Hari raya Idul Adha tahun ini kita dapat mengamalkan amalan-amalan sunnah di atas.


Kiranya demikian tulisan saya tentang amalan sunnah di hari raya Idul Adha semoga bermanfaat bagi kita semua.

Diskusi