Langsung ke konten utama

Guru Honorer Akan Jadi PNS

BANDAR LAMPUNG (Lampung Post)- Wali Kota Bandar Lampung Herman HN mengatakan, pemkot setempat akan memprioritaskan pengangkatan guru honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Alasannya, kota ini masih kekurangan sekitar 400 guru.
Karena itu, wali kota minta seluruh kepala sekolah di Bandar Lampung mengevaluasi formasi dan beban kerja tim guru di sekolahnya masing masing. Jika ditemukan kekurangan, pihak sekolah diminta segera mengajukan ke Dinas Pendidikan untuk diadakan penambahan.
"Apakah (caranya) nanti kita akan merekrut guru baru atau memindahkan dari daerah lain," kata Herman saat pertemuan dengan 500 kepala sekolah se-Bandar Lampung, di Gedung Semergou, Selasa (3/2/2015).
Acara itu bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan gratis dan silaturahmi wali kota dengan para kepala sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK. Herman HN menjelaskan, soal pengangkatan guru honorer menjadi PNS, diperlukan juga peran kepala sekolah. Karena itu, ia minta kepala sekolah menyosialisasikan mengenai rencana penambahan guru PNS tersebut.
"Honorer sebenarnya tak perlu risau, mengajar saja yang benar, jalankan tugas dengan baik dan amanah, nanti kalau ada dana, pemkot mencoba menaikkan statusnya. Terlebih moratorium selama lima tahun ini tak berlaku bagi tenaga pengajar," ujar wali kota.
Herman HN juga mengevaluasi penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan pembangunan fisik yang diberikan pemkot ke sejumlah sekolah.
"Yang belum dapat bantuan fisik, harap bersabar, sekarang penerimanya difokuskan ke sekolah yang kondisinya sudah parah atau yang kapasitas muridnya berlebih," kata dia.
Terkait mutasi, Herman minta kepala sekolah memperketat pengawasan mekanisme yang berlaku. Sedangkan kasus surat keputusan (SK) mutasi bodong, menurut wali kota, hal tersebut telah mencoreng wajah pendidikan Bandar Lampung. Ia berharap masalah itu tak terulang kembali.
"Kepala sekolah wajib cek dulu ke dinas, jangan langsung main terima mutasi, cek keabsahan status SK-nya," ujar dia. Jika ditemukan SK mencurigakan, pihak sekolah jangan segan melapor.
"Hubungi saya atau kepala Dinas Pendidikan, kita terima laporan yang masuk, nanti kami bentuk tim buat investigasi. Jadi, tidak ada kebobolan seperti kemarin itu," tuturnya.
Ia juga berharap seluruh sekolah di Bandar Lampung jadi percontohan bagi daerah lain. Status ibu kota provinsi harus dijadikan sebagai motivasi.
"Saya mau Bandar Lampung memimpin di segala bidang, salah satunya pendidikan, sekolah di Bandar Lampung harus jadi role of model," harap wali kota. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Internet Murah 3GB hanya 20 Ribu dari Indosat Ooredoo

Indosat merupakan salah satu operator besar di Indonesia kini menghadirkan promo menarik buat para pengguna setianya khusus untuk pengguna internet mobile dengan layanan Indosat Ooredoo internet, kini tersedia paket murah internet hanya dengan harga Rp. 20.000 saja kamu dapat Kouta data Internet sebesar 3 GB dengan masa berlakunya selama 30 hari atau satu bulan, cara daftarnya pun simple saja dengan melakikan sms ketik "YA"Kouta Internet ini dapat di cek melalui aplikasi mobile Indosat Ooredoo yakni "mycare" yang dapat di unduh melalui smartphone android dan iOs.

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Tentang Data Diri Siswa

SURAT PERNYATAAN Dengan adanya pengumpulan data bagi murid kelas VI yang akurat. Maka saya sebagai orang tua/wali murid memberikan dan menyatakan bahwa biodata yang tertulis dibawah ini adalah lengkap dan benar.
Nama                            :  ANNISA  MAULIDA Tempat Lahir                :  Martapura Tanggal Lahir               :  3 Juni 2003 Jenis Kelamin               :  Perempuan Agama                          :  Islam Alamat                          : Jl. Martapura Lama Km.18   Desa Penggalaman RT.01 Kecamatan Martapura Barat   Kab. Banjar
Nama Ayah                  :  MACHLIANNOOR Pekerjaan                      :  PNS Agama                          : Islam Alamat                          : Jl. Martapura Lama Km.18  Desa Penggalaman RT.01 Kecamatan Martapura Barat  Kab. Banjar
Nama Ibu                     :  MARYAMAH Pekerjaan                     : Ibu Rumah Tangga Agama                         :  Islam Alamat                         : Jl. Martapura Lama Km.18 Desa Penggalaman RT.01 Kecamatan Ma…

Pertanyaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Untuk Guru Kelas/Mata Pelajaran

NoIndikator

1Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya2Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.3Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.4Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.5Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.6Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).7Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan ak…