Langsung ke konten utama

Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-25
Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 17 Juni 1959; umur 55 tahun) adalah Menteri Pendidikan Nasional Indonesia sejak 22 Oktober 2009 hingga 20 Oktober 2014. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (2007–2009) dan rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya periode tahun 2003–2006. Setelah turun dari jabatannya sebagai Menteri Pendidikan Nasional, ia kembali mengajar di Jurusan Teknik Elektro, kampus Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya.

Mohammad Nuh adalah anak ketiga dari 10 bersaudara. Ayahnya H. Muchammad Nabhani, adalah pendiri Pondok Pesantren Gununganyar Surabaya. Ia melanjutkan studi di Jurusan Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan lulus tahun 1983.

Mohammad Nuh mengawali kariernya sebagai dosen Teknik Elektro ITS pada tahun 1984. Ia kemudian mendapat beasiswa menempuh magister di Universite Science et Technique du Languedoc (USTL) Montpellier, Perancis. Mohammad Nuh juga melanjutkan studi S3 di universitas tersebut.

Nuh menikah dengan drg. Layly Rahmawati, dan ia dikaruniai seorang puteri bernama Rachma Rizqina Mardhotillah, yang lahir di Perancis.

Pada tahun 1997, Mohammad Nuh diangkat menjadi direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS. Berkat lobi dan kepemimpinannya, PENS menjadi rekanan tepercaya Japan Industrial Cooperation Agency (JICA) sejak tahun 1990.

Pada tanggal 15 Februari 2003, Mohammad Nuh dikukuhkan sebagai rektor ITS. Pada tahun yang sama, Nuh dikukuhkan sebagai guru besar (profesor) bidang ilmu Digital Control System dengan spesialisasi Sistem Rekayasa Biomedika. Ia adalah rektor termuda dalam sejarah ITS, yakni berusia 42 tahun saat menjabat. Semasa menjabat sebagai rektor, ia menulis buku berjudul Startegi dan Arah Kebijakan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (disingkat Indonesia-SAKTI).

Selain sebagai rektor, Mohammad Nuh juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Timur, Pengurus PC NU Surabaya, Sekretaris Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya, Anggota Pengurus Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya, serta Ketua Yayasan Pendidikan Al Islah Surabaya. Muhammad Nuh juga dikenal sebagai seorang Kiayi, sering memberi ceramah dan khutbah jumat di berbagai masjid di Surabaya dan dikenal sebagai Ulama.


(Original posted on wikipedia)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Internet Murah 3GB hanya 20 Ribu dari Indosat Ooredoo

Indosat merupakan salah satu operator besar di Indonesia kini menghadirkan promo menarik buat para pengguna setianya khusus untuk pengguna internet mobile dengan layanan Indosat Ooredoo internet, kini tersedia paket murah internet hanya dengan harga Rp. 20.000 saja kamu dapat Kouta data Internet sebesar 3 GB dengan masa berlakunya selama 30 hari atau satu bulan, cara daftarnya pun simple saja dengan melakikan sms ketik "YA"Kouta Internet ini dapat di cek melalui aplikasi mobile Indosat Ooredoo yakni "mycare" yang dapat di unduh melalui smartphone android dan iOs.

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Tentang Data Diri Siswa

SURAT PERNYATAAN Dengan adanya pengumpulan data bagi murid kelas VI yang akurat. Maka saya sebagai orang tua/wali murid memberikan dan menyatakan bahwa biodata yang tertulis dibawah ini adalah lengkap dan benar.
Nama                            :  ANNISA  MAULIDA Tempat Lahir                :  Martapura Tanggal Lahir               :  3 Juni 2003 Jenis Kelamin               :  Perempuan Agama                          :  Islam Alamat                          : Jl. Martapura Lama Km.18   Desa Penggalaman RT.01 Kecamatan Martapura Barat   Kab. Banjar
Nama Ayah                  :  MACHLIANNOOR Pekerjaan                      :  PNS Agama                          : Islam Alamat                          : Jl. Martapura Lama Km.18  Desa Penggalaman RT.01 Kecamatan Martapura Barat  Kab. Banjar
Nama Ibu                     :  MARYAMAH Pekerjaan                     : Ibu Rumah Tangga Agama                         :  Islam Alamat                         : Jl. Martapura Lama Km.18 Desa Penggalaman RT.01 Kecamatan Ma…

Pertanyaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Untuk Guru Kelas/Mata Pelajaran

NoIndikator

1Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya2Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.3Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.4Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.5Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.6Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).7Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan ak…